Home Website Apa Itu Anchor Text & Bagaimana Cara Membuatnya?

Apa Itu Anchor Text & Bagaimana Cara Membuatnya?

15
0

Apa Itu Anchor Text & Bagaimana Cara Membuatnya? – Di antara berbagai macam strategi SEO, anchor text mungkin jadi salah satu strategi yang sering di lewatkan. Padahal anchor text adalah satu bagian yang sangat penting dalam strategi untuk mengoptimasi sebuah website. Oleh sebab itu mulai saat ini kamu perlu mengetahui dan memahami seua anchor text yang ada di website kamu.

Artikel ini akan membantu kamu untuk memahami segala aspek mengenai anchor text mulai dari definisi anchor text, fungsi, hingga macam-macam anchor text yang perlu kamu ketahui. Tentu dengan memahami hal itu semua kamu akan jadi lebih memahami bagaimmana cara mengoptimasi SEO website kamu dengan baik dan benar.

Apa Itu Anchor Text

Secara sederhana anchor text adalah sebuah potongan teks yang berisikan tautan yang dapat di klik. Strukturnya sendiri berbeda dari teks biasa. Pada umumnya anchor teks akan berwarna biru atau sebuah teks yang di beri garis bawah. Teks ii berguna sebagai sumber informasi bagi pengguna serta mesin pencari mengenai tautan website yang di tampilkan.

Mengapa Anchor Text Itu Penting?

Pada dasarnya Google mengandalkan anchor text untuk mengetahui berbagai macam informasi mengenai website atau laman. Bagi Google anchor text merupakan sebuah deskripsi dari sebuah isi konten. Semakin banyak tautan yang mengarah ke suatu laman maka semakin relevan pula konten tersebut dengan yang di cari oleh pengguna internet. Dengan kata lain anchor text juga memiliki peran penting dalam menentukan peringkat di hasil pencarian Google.

Sebelum tahun 2000-an Google menganggap Anchor text itu sangat pentig. Karena keberadaannya bisa lebih mendeskriprikan isi dari laman ketimbang laman itu sendiri. Anchor text juga dapat menjadi petunjuk jika suatu halaman belum di indeks oleh Google. Tapi sayangnya pengertian semacam ini malah jadi rawan akan tindakan manipulasi. Du mana seorang pemilik website dapat meletakkan anchor text di mana jasa demi mendapatkan posisi pertama di hasil pencarian.

Untungnya pada tahun 2017 Google telah memperbaharui algoritma mereka dan membuat algoritma khusus untuk menangani masalah ini. Algoritma ini di namakan Penguin, algoritma ini berfungsi untuk mengeliminasi website curang dari mesin pencari serta mengurangi spam. Dengan begitu algoritma ini juga akan memaksimalkan konten yang relevan untuk nantinya di tampilkan pada hasil pencarian/

Macam-Macam Anchor Text

Anchor text juga ada banyak macamnya dan masing-masing memiliki fungsi yang berbeda-beda. Jika kamu berniat ingin membeli backlink dari penyedia jasa backlink murah kamu bisa meminta kepada si penjual untuk menggunakan salah satu jenis anchor text di bawah ini.

Pasalnya, di kutip dari situs Matadigital.id setiap jenis anchor text punya fungsi yang berbeda-beda, Misalnya saja untuk kebutuhan branding ataupun untuk kebutuhan menaikkan sebuah kata kunci agar bisa menduduki peringkat pertama di hasil pencarian. Berikut ini adalah macam-macam anchor text yang perlu kamu tahu.

Branding

Ini adalah jenis anchor text yang berupa nama sebuah brand atau merk. Anchor text jenis ini cukup aman untuk di gunakan dengan syarat kamu tidak menggunakannya untuk merujuk ke brand website kamu sendiri. Contohnya misal kamu puny brand Medium maka kamu tidak di anjurkan untuk menggunakan anchor text Medium tanpa konteks spesifik.

Generic

Ini adalah jenis anchor text yang biasanya berisikan sebuah perintah tertentu, Contoh yang paling sering di jumpai adalah “Klik di Sini”. Pasti kamu sering menemukan anchor text seperti itu kan, itu di namakan Generic.

Exact-match

Anchor text yang menggunakan tulisan yang sama persis dengan tautan yang akan di rujuk. Misalnya jika tautan tersebut adalah “Cara Membuat Blog” maka anchor text nya juga akan sama persis yaitu “Cara Membuat Blog”.

Partial-match

Berbeda dari sebelumnya, anchor text jenis ini sedikit memodifikasi kata kunci utama dari tautan yang ingin di tempelkan. Misalkan seperti tautannya adalah “Membuat Website” maka anchor text nya adalah Cara “Membuat Website untuk Pemula”.

Naked Link

Terakhir ada naked link, yaitu jenis anchor text yang langsung menampilkan tautan aslinya.

Demikianlah pembahasan mengenai apa itu anchor text dan bagaimana cara membuatnya. Dengan mengetahui definisi serta macam-macam anchor text maka tentu kamu bisa mengoptimasi website kamu dengan baik dan benar.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here